BAB 4.5 Melakukan Pemadaman Kebakaran

BAB 4.5
PROSEDUR KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA

4.5 Melakukan Pemadaman Kebakaran
Api sebagai penyebab terjadinya kebakaran dapat muncul dengan adanya tiga unsur sebagai berikut yaitu: Benda yang mudah terbakar, Sumber api, dan oksigen (udara) atau sering pula disebut segitiga api. Sehingga untuk memadamkan api kita harus menghilangkan dari salah satunya.
Kebakaran adalah salah satu potensial yang dapat terjadi pada bengkel-bengkel mobil, oleh karena itu setiap bengkel mobil harus dilengkapi dengan alat-alat pemadam kebakaran. Kebakaran yang terjadi di bengkel akibat tersulutnya bensin oleh bunga api adalah satu hal yang sangat sering terjadi, baik dari api las maupun dari hubungan singkat kabel pada kendaraan tersebut. Berdasarkan kondisi tersebut maka pada saat bekerja dibengkel, apalagi yang berhubungan langsung dengan bahan bakar maka perlu diperhatikan langkah-langkah pencegahan agar tidak terjadi kebakaran dan tidak kalah penting harus diingat dimana posisi alat-alat pemadam kebakaran berada sehingga jika terjadi sesuatu hal maka dengan cepat dapat menemukan alat- alat tersebut.
Gambar 4.5 Kebakaran
Gambar 4.5 Kebakaran
Gambar 4.6 Alat Pemadam Kebakaran
Gambar 4.6 Alat Pemadam Kebakaran
Penanganan kebakaran harus dibedakan dari sumber kebakaran itu sendiri, maka dari itu kita harus mengenal kelas kelas kebakaran sehingga dengan tepat menggunakan alat pemadam kebakaran yang sesuai.
Kelas-kelas kebakaran tersebut antara lain yaitu:
•Kelas A
Gambar 4.7 Simbol Kelas AGambar 4.6 Alat Pemadam Kebakaran
Gambar 4.7 Simbol Kelas A
Kebakaran yang disebabkan oleh benda-benda padat, misal: kertas, kayu, plastik, karet, busa dan lain lain. Media sebagai alat pemadam pada kelas ini adalah berupa: air, pasir, karung goni yang dibasahi, dan alat pemadam kebakaran (APAR) atau racun api tepung kimia kering.
•Kelas B
Gambar 4.8 Simbol Kelas B
Gambar 4.8 Simbol Kelas B
Kebakaran yang disebabkan oleh benda-benda mudah terbakar berupa cairan misal: bensin, solar, minyak tanah, spirtus, alkohol dan lain-lain. Media sebagai alat pemadam pada kelas ini adalah berupa: pasir dan alat pemadam kebakaran (APAR) atau racun api tepung kimia kering. Dilarang menggunakan air pada kebakaran jenis ini, karena berat jenis bahan diatas lebih ringan daripada air sehingga dapat menyebabkan kebakaran melebar kemana mana.
•Kelas C
Gambar 4.9 Simbol Kelas C
Gambar 4.9 Simbol Kelas C
Kebakaran yang disebabkan oleh listrik. Media sebagai pemadam kebakaran pada kelas ini adalah berupa: Alat pemadam kebakaran (APAR) atau tepung kimia kering. Yang perlu diperhatikan adalah mematikan dulu sumber listriknya.
Gambar 4.10 Penyemprotan APAR
Gambar 4.10 Penyemprotan APAR
Jika ada korban akibat kebakaran harus segera dilarikan kerumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan secara intensif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s